Investor Lokal Ramaikan Pasar, IHSG Terangkat

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Jumat, 21 Oktober 2011

Investor Lokal Ramaikan Pasar, IHSG Terangkat

VIVAnews - Bursa saham Indonesia kembali menutup perdagangannya dengan penguatan. Indeks harga saham gabungan berakhir terangkat ke level 3.443,10 atau naik 149,86 poin (4,55 persen).

Menurut analis PT CIMB Securities Indonesia, Mastono Ali, keberhasilan IHSG bertahan di zona positif dari perdagangan kemarin karena selama sebulan terakhir sudah tertekan cukup tajam. "Jadi, wajar kalau ada rebound (pembalikan arah menguat)," kata Mastono kepada VIVAnews.com di Jakarta, Kamis 6 Oktober 2011.

Dia menambahkan, para pemodal juga terlihat kembali memburu sejumlah saham yang harganya sudah terdiskon banyak, terutama di sektor tambang. "Terlihat, saham-saham tambang paling banyak menguat hari ini," ujar Mastono.

Mastono menuturkan, pada perdagangan hari ini, investor lokal paling dominan mengangkat IHSG ke teritori positif. Sebab, antara pembelian dan penjualan saham oleh pemodal asing tidak terpaut banyak. "Hari ini, pelaku pasar domestik yang dominan meramaikan aksi beli saham," kata dia.

Berdasarkan data BEI terlihat investor asing melakukan pembelian saham sebesar Rp1,51 triliun dan melepas saham senilai Rp1,40 triliun, sehingga terjadi pembelian bersih atau net buying sekitar Rp108,41 miliar. (art)

Popular Posts