BI Optimistis Nasib Perekonomian Indonesia

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Sabtu, 22 Oktober 2011

BI Optimistis Nasib Perekonomian Indonesia

VIVAnews - Direktur Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia menyatakan optimis di tengah ketidakpastian ekonomi global. Alasannya, ekonomi Indonesia menunjukkan ketahanan yang kuat dengan pertumbuhan PDB untuk kuartal III- 2011 mencapai 6,6 persen.

"Pertumbuhan PDB untuk kuartal 3 - 2011 dan secara keseluruhan masih mencapai 6,6 persen seperti proyeksi sebelumnya" Direktur Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia, Perry Warjiyo, 4 Oktober 2011.

Namun, lanjut Perry, untuk pertumbuhan PDB tahun 2012 yang semula diperkirakan 6,7 persen akan menjadi lebih rendah sekitar 6,5 persen. "Penurunan tersebut dikarenakan penurunan pertumbuhan ekonomi atau volume perdagangan dunia dan harga komoditas" katanya.

Perry mengatakan, untuk tahun 2011 sendiri inflasi juga akan lebih rendah, khusus Indeks Harga Konsumen (IHK) diperkirakan akan sekitar 4,9 persen. "Sementara untuk 2012 inflasi IHK termasuk dampak kenaikan TTL diperkirakan sekitar 5 persen atau lebih rendah dari perkiraan sebelumnya sebesar 5,2 persen" kata Perry.

Perry pun mengatakan secara keseluruhan bahwa kinerja pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak terlalu buruk. "Secara keseluruhan kinerja kita tidak terlalu buruk" katanya.

Popular Posts