Astra Siap Luncurkan Mobil Kompetitif
VIVAnews - PT Astra International Tbk akan terus memperkuat pasar mobil dan sepeda motor di Indonesia dengan meluncurkan berbagai produk yang kompetitif dan sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Saat ini, Astra memegang merek Toyota, Daihatsu, Isuzu, Peugeut, dan sepeda motor Honda.
Direktur Astra International, Gunawan Geniusahardja mengatakan sektor otomotif menyumbang sekitar 80 persen pendapatan perusahaan. Persentase ini perlahan akan turun menjadi 60 persen.
"Ini karena sektor infrastruktur melalui PT Astratel mulai berkontribusi, bukan karena sektor otomotif yang melemah," kata dia dalam acara Investor Summit and Capital Market Expo di Jakarta, Rabu 5 Oktober 2011.
Kendaraan keluaran Astra saat ini telah menguasai pasar nasional hingga 55 persen, dengan produk terlaris Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.
Sementara itu, di pasar sepeda motor, Astra juga menargetkan bisa menguasai pasar lebih dari 50 persen. Direktur Astra yang juga Wakil Presiden Direktur PT Astra Honda Motor Johannes Loman, memperkirakan penjualan sepeda motor Honda hingga akhir tahun bisa mencapai 4,3 juta unit dari total pasar 8,2-8,3 juta unit.
Johanes mengatakan, kenaikan penjualan mobil dan sepeda motor Astra ini seiring dengan kenaikan pasar otomotif nasional. "Kami telah menyiapkan pabrik dan showroom agar bisa menjual lebih banyak lagi," tuturnya.
Sayangnya, pasar otomotif ini sangat terpengaruh dengan suku bunga kredit, sehingga bila likuiditas tidak sehat, penjualan otomotif pun akan terpukul. Selain itu, nilai tukar sangat berpengaruh. "Bila dolar dan yen stabil, penjualan akan lebih baik," katanya. (art)