Minuman dan Telekomunikasi Terbanyak Beriklan

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Kamis, 03 Februari 2011

Minuman dan Telekomunikasi Terbanyak Beriklan

VIVAnews- Sektor telekomunikasi dan minuman kemasan menjadi penyumbang belanja iklan terbesar pada 2010. Belanja sektor telekomunikasi mencapai Rp5 triliun dan minuman Rp7 triliun.

Menurut Managing Manager Audience Measurement Nielsen Company, Irawaty Pratignyo, belanja telekomunikasi sebesar Rp5 triliun naik 43 persen dibanding 2009. Perusahaan telekomunikasi yang paling banyak beriklan adalah Exelcomindo yang kini dikenal dengan XL-Axiata sebesar Rp593 miliar atau naik 66 persen dari tahun lalu. Disusul oleh Telkomsel sebesar Rp538 miliar, Telkomsel Simpati Rp438 miliar, Telkomsel Kartu AS Rp398 miliar, Axis Rp396 miliar dan Indosat M3 Rp320 miliar.

Selain telekomunikasi, kategori minuman juga mengkontribusikan belanja iklan yang tinggi sebesar 33 persen atau senilai Rp7 triliun pada semua jenis media.

Produk minuman susu pertumbuhan memberikan kontribusi paling besar selama 18 persen dalam belanja iklan tahun 2010. Peningkatan belanja iklan produk ini sebesar 66 persen atau Rp1,2 triliun. Tahun lalu, produk kopi dan jus merupakan produk tertinggi kontribusinya sebanyak 12 persen.

Meskipun produk susu pertumbuhan memimpin belanja iklan minuman namun dua merek air mineral Aqua dan Mizone merupakan pengiklan tertinggi. Aqua menghabiskan dana Rp280 miliar.

Belanja Iklan sepanjang 2010 naik 23 persen dengan nilai sebesar Rp60 triliun. Belanja iklan itu didorong oleh dua kejadian besar yaitu Piala Dunia dan Piala Asean Football Federation (AFF). (sj)

Kerja di rumah

Popular Posts