Menkeu Terus Kejar Aset Century di Swiss

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Senin, 31 Januari 2011

Menkeu Terus Kejar Aset Century di Swiss

VIVAnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo akan mengejar aset PT Bank Century Tbk (kini PT Bank Mutiara Tbk) yang ada di Swiss dengan memberikan dokumen administratif kepada pemerintah Swiss.

Langkah itu merupakan respons dari permintaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang meminta Presiden Konfederasi Swiss, Micheline Calmy-Rey untuk dapat bekerja sama membantu pengembalian aset Bank Century.

Agus akan berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Luar Negeri, Kepolisian RI, dan Kejaksaan Agung untuk memberikan dokumen administratif kepada pemerintah Swiss itu. Ia menghargai langkah Presiden SBY yang menyatakan permintaannya kepada pemimpin Swiss terkait pengembalian aset Bank Century tersebut.

Aset Bank Century tersebar di beberapa negara dan wilayah administratif seperti di Swiss dan Hong Kong.

Menurut Jaksa Agung, Basrief Arief, aset Century di Swiss mencapai US$155,99 juta atas nama Telltop Holding Limited. Aset tersebut disimpan dalam posisi Outstanding Fiduciary Deposit di Dresdner Bank.

Sementara itu, aset Century di Hong Kong berjumlah US$388,86 juta dan Sin$ 650 juta. Aset tersebut ditempatkan di Standard Chartered Bank dan Ing Bank Arlington Assets Investment, Hong Kong.

Agus menambahkan, masalah pengembalian aset Bank Century merupakan pekerjaan rumah yang harus dikerjakan bersama-sama. Pihaknya juga perlu melakukan instrospeksi jika selama ini ada beberapa hal yang belum aktif dilakukan.

"Salah satu upaya adalah mengirimkan dokumen administratif yang lengkap kepada negara tujuan mengenai pengembalian aset Bank Century di sejumlah negara," ujarnya. (art)

Kerja di rumah

Popular Posts