Perusahaan Chairul Tanjung akan IPO

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Jumat, 02 Desember 2011

Perusahaan Chairul Tanjung akan IPO

VIVAnews - PT CT Corp milik miliarder Chairul Tanjung berencana melakukan penawaran saham perdana (IPO) seluruh anak perusahaannya pada 2015 nanti. Saat ini CT Corp fokus untuk meningkatkan kinerja perusahaan dahulu.

Presiden Komisaris CT Corp, Chairul Tanjung menjelaskan saat ini ekonomi Indonesia tengah naik dan diperkirakan PDB Indonesia akan naik dua kali lipat dalam 4-5 tahun kedepan. Sedangkan perusahaan yang bagus akan selalu mengikuti PDB suatu negara.

"Saat ini pangsa pasar kita semakin membesar, dalam kondisi itu kita pacu growth dahulu," kata Chairul Tanjung di Jakarta, Kamis 1 Desember 2011.

Menurutnya saat ini dana permodalan CT Corp masih cukup sehingga untuk saat ini CT Corp dipastikan tidak akan masuk ke pasar modal. Namun pada 2015, seluruh anak perusahaan CT Corp akan masuk ke pasar modal Indonesia secara keseluruhan.

"Kita harus berikan kesempatan pada publik, tapi tidak sekarang. Pada saatnya nanti kami akan berikan kesempatan kepada publik," kata CT, panggilan akrab Chairul Tanjung.

Menurut CT, dirinya memiliki filosofi jika mau IPO maka perusahaan itu harus berkelas internasional. Ia menargetkan earnings before interest, taxes, depreciation and amortization (EBITDA) setiap anak perusahaan yang akan IPO sebesar US$1 miliar. Sehingga, lanjut dia, perusahaan itu sudah mendapatkan predikat world class company dan akan menarik investor asing untuk masuk.

CT menargetkan anak perusahaan pertama yang akan IPO adalah Trans Media Corpora, anak perusahaan CT Corp yang bergerak di bidang media. Ia menjelaskan saat ini target EBITDA 2011 dari Trans Corp sebesar US$300 juta. "Ini akan tumbuh lebih cepat sehingga pada 2015 cukuplah untuk dilepas ke pasar," katanya.

Untuk holdingnya sendiri, lanjut CT, Ia menargetkan CT Corp akan holding pada 20 tahun ke depan. Ia menargetkan pada waktu CT Corp IPO maka nilainya dapat masuk dalam jajaran perusahaan Forbes 500. "Kami targetkan pertumbuhan setiap anak perusahaan setiap tahun itu 30-40 persen," jelasnya. (eh)

Popular Posts